Selasa, 02 Maret 2010

!!!!

mungkin bagi siapapun, kalah tetaplah kalah, kalah adalah pahit.
karena siapapun, ketika memutuskan ikut dalam suatu kompetisi, gw rasa gk ada tujuan untuk jadi juara dua, tiga, dan seterusnya. bagi setiap petarung, menang itu harga mati, tujuan mutlak.

itu juga yang gw harapkan. gak ada keinginan gw, selain menang dalam kompetisi ini.
berharap, ujung segalanya kayak ending cerita Ikal dan Arai dalam Sang Pemimpi: Terbang ke Sorbone, sebagai ujung takdir kemenangan. Terus di akhir kompetisi gua nyanyi 'we are the champions-nya' Queen. trus, gw lengkapi dengan nyampein syukur ke Allah.

intinya, kalau gw diminta milih: bersyukur dalam kemenangan atau bersabar dalam kekalahan, gw pilih yg pertama.

tapi, mau gimana lagi kita gbs memutuskan siapa menang siapa yg kalah. kenyataan takdir yang gbs disangkal. cuma perlu lakuin kayak yang hok gie bilang: "kita gak bisa milih, kita gak bisa nawar. terimalah, hadapilah!".


proses ini adalah masa tersulit dalam kehidupan gw. dimana gwmemutuskan untuk berpikir tentang gagasan gw yang berbeda dengan banyak orang orang yang gw kagum dan contoh.

dimana gw mesti memperjuangkan gagasan itu dalam sendirian. dimana dalam memperjuangkan gagasan itu, gw ngerasa sangat lelah.
dimana dalam memperjuangkan gagasan itu gw dinilai dengan beragam bentuk. ada yang mendukung. ada yang memuji. gak sedikit yang membenci.

Dari situ gw udah tw bagaimana cara bangkit. gw jadi inget dialognya Raden Mas Mince dan Nyai Ontosoroh di 'Bumi Manusia-nya' Pramoedya Ananta Toer.

"kita kalah ma, bisikku"
"kita sudah melawan nak, nyo, sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya"




Ada waktu untuk itu semua. Ada saatnya. gw masih punya kepenting yg hrus gw selesaikan. masih banyak cerita cerita sedih yang gw tw harus diakhiri dengan kesan, tawa, dan syukur.

cerita tentang temen temen kita yang jual sawah orang tuanya, yang jual motornya, yang minjem uang ke rentenir, yang keluar, untuk satu keharusan membayar harga kuliah yang semakin mahal.
cerita tentang cicak buaya. cerita tentang mafia peradilan. cerita tentang bang century. cerita tentang lumpur lapindo. cerita tentang status quo rezim yudoyono.
cerita tentang dakwah kampus. cerita tentang kaderisasi. cerita tentang utopia gerakan mahasiswa.
gw masih punya mimpi.
mimpi-mimpi ayah. mimpi mimpi ibu.. mimpi mimpi perubahan.

karena gw yakin mimpi" gw itu akan terwujud !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar